- Efektifkah bekerja dalam tim ?
Dalam dunia kerja, kerja sama
merupakan salah satu elemen penting dalam hal meraih tujuan. Dalam bekerja di
suatu instansi atau perusahaan tentunya diperlukannya membangun hubungan setiap
tim antar departemen untuk mencapai target secara keseluruhan. Hal ini bisa
terjadi dengan membangun kerja sama. Selain itu, bekerja sama dalam tim juga
akan membawamu untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerjamu yang lainnya. Kerja tim
menyediakan mekanisme untuk menyatukan keahlian dan keterampilan karyawan yang
berbeda yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kerja yang semakin kompleks
dalam kerangka waktu yang semakin pendek.
Kerja tim :
Kelompok kerja (tim kerja) adalah
kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan membuat
keputusan untuk membantu setiap anggota melakukan dalam bidang tanggung
jawabnya. tim kerja menghasilkan membangunnya
hubungan positif melalui upaya yang terkoordinasi. Upaya individu menghasilkan
tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah input individu tersebut.
Kerja tim yang nyata terjadi ketika
anggota tim menerima dan menjalankan tanggung jawab kolektif mereka dengan
secara aktif bekerja bersama sehingga semua keterampilan mereka yang terbaik
digunakan untuk mencapai tujuan tim.
Alasan
mengapa tim semakin banyak digunakan, adalah karena
tidak hanya memenuhi kebutuhan ekonomi tetapi juga kebutuhan psikologis,
sosial, dan politik tertentu. Tim membuat orang lebih puas dan meningkatkan
kepercayaan diri mereka; mereka mempromosikan gagasan bahwa setiap orang adalah
unik dan memiliki sesuatu yang berbeda untuk berkontribusi pada suatu tugas,
dan bahwa individu harus bekerja sama. Dengan
demikian, alasan untuk mempelajari kerja tim adalah untuk menentukan apakah tim
lebih unggul daripada individu yang bekerja sendiri, dan, jika demikian, dalam
keadaan apa.
Sehingga,
Dalam OB dapat di definisikan tim yang efektif sebagai tim yang
mencapai kinerja tugas tingkat tinggi, kepuasan anggota, dan kelayakan tim.
Berkenaan dengan kinerja tugas, tim yang efektif mencapai tujuan kinerja dalam
arti standar kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu hasil kerja. Berkenaan dengan kepuasan anggota, tim yang
efektif adalah tim yang anggotanya percaya bahwa partisipasi dan pengalaman
mereka positif dan memenuhi kebutuhan pribadi yang penting. Mereka puas dengan
tugas-tugas tim mereka, prestasi, dan hubungan interpersonal. Berkenaan dengan kelayakan tim, anggota tim yang
efektif cukup puas untuk terus bekerja bersama dengan baik secara
berkelanjutan. Ketika satu tugas selesai, mereka berharap untuk mengerjakan
yang lain di masa depan. Tim semacam itu memiliki potensi kinerja jangka
panjang yang penting.
- Efektifkah pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi ?
Karena organisasi telah menata
kembali diri mereka sendiri untuk bersaing lebih efektif dan efisien, mereka
beralih ke tim sebagai cara yang lebih baik untuk menggunakan bakat karyawan. Tim lebih fleksibel dan responsif terhadap
perubahan acara daripada departemen tradisional atau bentuk pengelompokan
permanen lainnya. Mereka dapat dengan cepat mengumpulkan, menyebarkan,
memfokuskan kembali, dan membubarkan.
Kerja tim
menyediakan mekanisme untuk menyatukan keahlian dan keterampilan karyawan yang
berbeda yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kerja yang semakin kompleks
dalam kerangka waktu yang semakin pendek. Oleh karena itu ada kecenderungan di
seluruh dunia di antara perusahaan-perusahaan untuk memperkenalkan
bentuk-bentuk kerja tim yang lebih baru. Perusahaan
tampaknya percaya bahwa tim adalah cara yang efektif untuk :
• meningkatkan kinerja;
• mengurangi biaya produksi;
• mempercepat inovasi;
• meningkatkan kualitas produk;
• meningkatkan fleksibilitas kerja;
• memperkenalkan teknologi baru;
• meningkatkan partisipasi karyawan;
• mencapai hubungan industrial yang lebih baik;
• memenuhi tantangan persaingan global; dan
• mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait pekerjaan.
• meningkatkan kinerja;
• mengurangi biaya produksi;
• mempercepat inovasi;
• meningkatkan kualitas produk;
• meningkatkan fleksibilitas kerja;
• memperkenalkan teknologi baru;
• meningkatkan partisipasi karyawan;
• mencapai hubungan industrial yang lebih baik;
• memenuhi tantangan persaingan global; dan
• mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait pekerjaan.
Jadi, penjelasan
lain untuk popularitas mereka adalah bahwa mereka adalah sarana yang efektif bagi
manajemen untuk mendemokratisasi organisasi dan meningkatkan motivasi karyawan. Menciptakan tim "efektif" ketika individu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik seperti menyelesaikan masalah yang salah dengan sempurna. Kami dapat mengatur komponen kunci dari tim yang efektif menjadi tiga kategori umum.
Referensi :
Schermerhorn, John R., Osborn,
Richard N., Uhl-Bien, Mary., & Hunt, James G. 2012. Organizational Behavior twelfth edition. Hoboken. John
Wiley & Sons.
Huczynski, Andrzej A., &
Buchanan, David A. 2013. Organizational
Behaviour Eight edition. London. Pearson.
Robbins, Stephen P., & Judge,
Timothy A. 2013. Organizational Behavior
Fifteenth Edition. New Jearsey. Person.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar