Senin, 20 Mei 2019

Efektifkah bekerja dalam tim dan pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi ?






  •  Efektifkah bekerja dalam tim ?



Dalam dunia kerja, kerja sama merupakan salah satu elemen penting dalam hal meraih tujuan. Dalam bekerja di suatu instansi atau perusahaan tentunya diperlukannya membangun hubungan setiap tim antar departemen untuk mencapai target secara keseluruhan. Hal ini bisa terjadi dengan membangun kerja sama. Selain itu, bekerja sama dalam tim juga akan membawamu untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerjamu yang lainnya. Kerja tim menyediakan mekanisme untuk menyatukan keahlian dan keterampilan karyawan yang berbeda yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kerja yang semakin kompleks dalam kerangka waktu yang semakin pendek.



Kerja tim :

Kelompok kerja (tim kerja) adalah kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan membuat keputusan untuk membantu setiap anggota melakukan dalam bidang tanggung jawabnya. tim kerja menghasilkan membangunnya hubungan positif melalui upaya yang terkoordinasi. Upaya individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah input individu tersebut.
Kerja tim yang nyata terjadi ketika anggota tim menerima dan menjalankan tanggung jawab kolektif mereka dengan secara aktif bekerja bersama sehingga semua keterampilan mereka yang terbaik digunakan untuk mencapai tujuan tim.  

Alasan mengapa tim semakin banyak digunakan, adalah karena tidak hanya memenuhi kebutuhan ekonomi tetapi juga kebutuhan psikologis, sosial, dan politik tertentu. Tim membuat orang lebih puas dan meningkatkan kepercayaan diri mereka; mereka mempromosikan gagasan bahwa setiap orang adalah unik dan memiliki sesuatu yang berbeda untuk berkontribusi pada suatu tugas, dan bahwa individu harus bekerja sama. Dengan demikian, alasan untuk mempelajari kerja tim adalah untuk menentukan apakah tim lebih unggul daripada individu yang bekerja sendiri, dan, jika demikian, dalam keadaan apa.

Sehingga, Dalam OB dapat di definisikan tim yang efektif sebagai tim yang mencapai kinerja tugas tingkat tinggi, kepuasan anggota, dan kelayakan tim. Berkenaan dengan kinerja tugas, tim yang efektif mencapai tujuan kinerja dalam arti standar kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu hasil kerja. Berkenaan dengan kepuasan anggota, tim yang efektif adalah tim yang anggotanya percaya bahwa partisipasi dan pengalaman mereka positif dan memenuhi kebutuhan pribadi yang penting. Mereka puas dengan tugas-tugas tim mereka, prestasi, dan hubungan interpersonal. Berkenaan dengan kelayakan tim, anggota tim yang efektif cukup puas untuk terus bekerja bersama dengan baik secara berkelanjutan. Ketika satu tugas selesai, mereka berharap untuk mengerjakan yang lain di masa depan. Tim semacam itu memiliki potensi kinerja jangka panjang yang penting.

 


  • Efektifkah pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi ?



Karena organisasi telah menata kembali diri mereka sendiri untuk bersaing lebih efektif dan efisien, mereka beralih ke tim sebagai cara yang lebih baik untuk menggunakan bakat karyawan. Tim lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan acara daripada departemen tradisional atau bentuk pengelompokan permanen lainnya. Mereka dapat dengan cepat mengumpulkan, menyebarkan, memfokuskan kembali, dan membubarkan.  

Kerja tim menyediakan mekanisme untuk menyatukan keahlian dan keterampilan karyawan yang berbeda yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kerja yang semakin kompleks dalam kerangka waktu yang semakin pendek. Oleh karena itu ada kecenderungan di seluruh dunia di antara perusahaan-perusahaan untuk memperkenalkan bentuk-bentuk kerja tim yang lebih baru. Perusahaan tampaknya percaya bahwa tim adalah cara yang efektif untuk :

• meningkatkan kinerja;
• mengurangi biaya produksi;
• mempercepat inovasi;
• meningkatkan kualitas produk;
• meningkatkan fleksibilitas kerja;
• memperkenalkan teknologi baru;
• meningkatkan partisipasi karyawan;
• mencapai hubungan industrial yang lebih baik;
• memenuhi tantangan persaingan global; dan
• mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait pekerjaan.

Jadi, penjelasan lain untuk popularitas mereka adalah bahwa mereka adalah sarana yang efektif bagi manajemen untuk mendemokratisasi organisasi dan meningkatkan motivasi karyawan.  Menciptakan tim "efektif" ketika individu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik seperti menyelesaikan masalah yang salah dengan sempurna. Kami dapat mengatur komponen kunci dari tim yang efektif menjadi tiga kategori umum.









Referensi :
Schermerhorn, John R., Osborn, Richard N., Uhl-Bien, Mary., & Hunt, James G. 2012. Organizational Behavior twelfth edition. Hoboken. John Wiley & Sons.
Huczynski, Andrzej A., & Buchanan, David A. 2013. Organizational Behaviour Eight edition. London. Pearson.
Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Fifteenth Edition. New Jearsey. Person.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar